Ini Perbedaan Antara Pelit dan Hemat!

Ini Perbedaan Antara Pelit dan Hemat!

Mengelola keuangan adalah kunci untuk bisa meningkatkan penghasilan dan tentunya pundi-pundi finansial. Dengan mengelola uang secara tepat, maka untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan pun menjadi mudah.

Bagaimana pun, jika Anda memiliki kekayaan tetapi tidak bijak mengelolanya – maka bukan hal mustahil jika keuangan Anda akan berjalaln dalam keadaan buruk bahkan hingga mengakibatkan bangkrut!

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyimpan uang dan menggunakan dengan tepat sasaran adalah dengan menghemat. Tetapi timbul permasalahan akibat sifat hemat kerap kali dianggap mirip dengan sifat pelit.

Hemat boleh, pelit jangan!

Ya, hal ini benar adanya. Anda boleh saja berhemat, tetapi bukan berarti Anda harus menjadi orang yang pelit bahkan kikir. Lalu, apa saja sih perbedaan hemat dan pelit?

Dalam hal menabung

Perbedaan antara si pelit dan si hemat saat menabung misalnya, si hemat akan menyisihkan beberapa persen untuk ditabung, beberapa persen lain untuk kebutuhan, hiburan hingga amal. Sementara, si pelit akan menggunakan uang yang didapat untuk benar-benar  ditabung, tanpa memikirkan ada hal lain yang juga memerlukan uang.

Dalam hal bersosialisasi

Manusia adalah makluk sosial, yang artinya manusia membutuhkan manusia lain karena memang begitu hakekatnya.

Untuk urusan bersosialisasi, si hemat tidak akan perhitungan untuk misalnya mentraktir teman dalam rangka kenaikan jabatan atau ulang tahun atau momen penting lainnya. Sedangkan si pelit sudah pasti, tidak mau mengeluarkan uang sepeserpun, bahkan cenderung hanya ingin ditraktir.

Memberi tip

Saat menggunakan jasa, biasanya kita bisa memberikan tip apabila merasa sangat terbantu(ini diluar kewajiban), tetapi tidak ada salahnya memberikan sedikit apresiasi bukan?

Bagi si hemat, ia tak sungkan memberikan tip apabila dirasa sangat terbantu oleh orang lain. Bisa ditebak kan apa yang dilakukan oleh si pelit?

Masih banyak sih sebenarnya contoh perbedaan antara si pelit dan si hemat. Yang pasti, si hemat akan lebih bijak untuk mengelola keuangan dan tidak sungkan memberi. Untuk si pelit, ia akan sangat perhitungan, sebisa mungkin bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali bahkan untuk hal-hal penting. Kalau Anda termasuk yang mana?