Euro Ke Level Tertinggi 2 bulan

Euro Ke Level Tertinggi 2 bulan

Euro Ke Level Tertinggi 2 bulanJAKARTA : Nilai tukar euro naik ke level tertinggi 2 bulan terhadap dollar AS dan yen, setelah seorang pejabat Pemerintah Yunani mengisyaratkan bahwa para menteri keuangan regional akan menyetujui perjanjian dana talangan kedua bagi negara yang dirundung masalah utang tersebut.

Ariston Tjendra, Kepala Riset Monex Investindo Futures mengatakan “Sekarang ada optimisme mengenai Yunani. Pasar optimistis negara itu akan mendapatkan kesepakatan dengan Uni Eropa dan IMF [Dana  Moneter International] terkait bailout kedua”. Optimisme itu menguatkan euro, sekalipun pasar masih tetap harus mewaspadai perkembangan yang terjadi. Hari ini Bank Sentral Eropa (ECB) juga akan mengumumkan suku bunga yang analis prediksi tidak berubah pada 1%.  Sikap Federal Reserve atau bank sentral AS yang tetap dengan kebijakan longgar hingga 2014 juga menguatkan euro. Namun, untuk pekan depan diperkirakan euro bergerak terbatas dengan level resistant 1,3500 per dolar. Euro naik 0,3% menjadi US$ 1,3303 pukul 8.44 di London dari posisi penutupan di New York. Mata uang ini sempat menyentuh US$1,3313, tertinggi sejak 12 Desember. Mata uang Eropa itu melaju 0,4% ke 102,66 yen setelah mencapai 102,77 yen, level terkuat sejak 13 Desember. Dolar naik 0,2% menjadi 77,18 yen.

ECB bertemu hari ini untuk menetapkan kebijakan moneter. Pada saat yang sama, indeks Dolar menyentuh posisi terendah dalam 2 bulan karena bursa saham Asia naik seiring dengan pelemahan permintaan terhadap investasi aman.

Tim Kelleher, Kepala Mata Uang Asing ASB Institutional-unit dari Commonwealth Bank of Australia mengatakan “Pasar berpikir akan menerima tambahan kecil bersama munculnya kesepakatan [Yunani].”   Indeks Dolar Intercontinental  Exchange melacak turunmata uang mitra menjadi turun 0,4% ke 78,420 setelah menyentuh 78,407, terendah sejak 8 Desember.

Yunani harus membuat kesepakatan tentang pemotongan pengeluaran untuk menerima paket penyelamatan 130 miliar euro (US$173 miliar) dari Komisi Eropa, ECB, dan IMF yang biasa disebut troika.  Perdana Menteri Luksemburg,  Jean-Claude Juncker dan menteri keuangan wilayah euro akan bergabung dengan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde di Brussels. Juncker saat ini memimpin menteri keuangan Negara pengguna euro. Euro telah jatuh 3,3% dalam 3 bulan terakhir , ,kinerja terburuk di antara 10 mata uang yang dilacak dalam Indeks Bloomberg dengan Korelasi Tertimbang. Adapun poundsterling telah membukukan penurunan terbesar kedua dan kehilangan  1,9%.

Bank of England (BoE) diperkirakan para analis dalam survey Bloomberg akan meningkatkan pembelian obligasi sebesar 50 miliar pound (US$79 miliar) pada pertemuan pengambil kebijakan hari ini.

Emma Lawson, ahli mata uang  National Australia Bank Ltd, mengatakan bank sentral itu dapat meningkatkan pembelian oleh 75 miliar pounds dengan asumsi BoE  dapat menemukan aset yang tersedia untuk dibeli, karena mereka mengambil kebijakan di luar pilihan yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.